Senin, 21 Juni 2010




Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak, pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah. Dan pulau ini juga sangat berpotensi sebagai “OBJEK WISATA BAHARI” karena memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah maupun Masyarakat.

Pulau Merak Besar terletak di Bagian Barat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, seperti Pasir Putih terletak disebelah Barat dan Selatan, Terumbu Karang disebalah Timur dan Utara serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

Selain Sumber Daya Ikan yang terdapat di pulau ini ternyata Habitat Binatang Liar disini masih banyak dan berpotensi untuk berkembang biak dengan baik, seperti Kera, Ular, Kalelawar, Tupai, Tikus Hutan, Kadal dan Biayawak. Walaupun jenis-jenis binatang liar ini termasuk binatang predator (pemangsa) maka perlu dilindungi agar rantai makanan di pulau itu tetap terjaga. Binatang liar yang mendominasi di pulau ini adalah Primata (Jenis Kera).

Primata (Jenis Kera) spesies ini adalah termasuk Hominoidea yaitu Ordo Primata (Jenis Kera) yang selama ini sebagai penghuni Pulau Merak Besar. Binatang yang dilindungi oleh Undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Alternatif lain, pulau ini dapat dijadikan sebagai ”OBJEK WISATA PRIMATA”. Mengingat Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA) Kota Cilegon, ada 4 (empat) Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang akan dikembangkan antara lain; Wisata Sejarah, Wisata Industri/Iptek, Wisata Bahari dan Wisata Agro. Selain 4 (empat) Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang akan dikembangkan, ternyata masih ada objek wisata lainnya yang perlu diperhatikan dengan serius oleh Pemerintah Kota Cilegon yaitu; Wisata Alam Batu Lawang, Wisata Rawa Arum dan Wisata Primata (Jenis Kera).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar